Garap Smartphone 5G Murah, Samsung Gunakan Chipset MediaTek

Lagi-lagi MediaTek jadi solusi smartphone murah.

Agung Pratnyawan

Posted: Selasa, 10 Desember 2019 | 10:30 WIB
Ilustrasi chipset 5G. (MediaTek)

Ilustrasi chipset 5G. (MediaTek)

Hitekno.com - Smartphone 5G bakal jadi tren seiring perkembangan jaringan 5G. Bukan cuma kelas premium, namun juga bakal ramai smartphone 5G murah.

Beberapa pabrikan smarpthone pun sudah bersiap untuk menyambut tren jaringan 5G. Dari Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, dan tidak ketinggalan Samsung.

Dari sisi chipset pun tidak ketinggalan untuk menghadirkan chipset baru yang mendukung jaringan 5G. Dari Qualcomm, Huawaei, dan pastinya MediaTek.

Baca Juga: Teaser Resmi Bocor, Redmi K30 5G Bawa Sensor Sony IMX686 64 MP

Dikutip dari GSM Arena, Samsung juga berencana untuk menghadirkan smartphone 5G murah. Untuk bisa merealisasikan, digandenglah MediaTek.

Perusahaan asal Korea Selatan ini diketahui sedang melakukan negosiasi pada MediaTek terkait pemakaian chipset 5G murah.

Diduga chipset 5G murah MediaTek ini akan digunakan untuk seri Galaxy A dan M. Terutama seri yang menyasar kelas low-end dan mid-rang.

Baca Juga: Petinggi Xiaomi: Smartphone 5G Rp 2 Jutaan Meluncur di Tahun 2021

Jika negosiasi ini berjalan mulus, diprediksi smartphone 5G murah Samsung ini bakal hadir ke pasaran pada 2020 mendatang.

Gedung Samsung Campus. (Samsung)
Gedung Samsung Campus. (Samsung)

MediaTek sendiri belum lama ini mengenalkan chipset baru yang sudah memakai modem 5G terintegrasi. Salah satunya MediaTek Dimensity 1000.

Tak berselang lama, perusahaan Taiwan ini mengenalkan dua chipset baru lagi. Yaitu MT6885 dan MT6873, keduanya juga telah dilengkapi dukungan jaringan 5G.

Baca Juga: Frekuensi Jaringan 5G Membahayakan Satelit Pengamatan Bumi, Kok Bisa?

Menariknya, dua chipset ini dihadirkan untuk kelas low-end dan mid-rang. Sehingga memungkinkan dibuatnya smartphone 5G murah.

Banyak brand smartphone, termasuk Samsung berminat menghadirkan smartphone 5G murah guna mendorong perluasan jaringan 5G.

Untuk bisa menghadirkan smartphone 5G murah, nampaknya chipset baru MediaTek tersebut jadi solusi mudah bagi Samsung.

Baca Juga: Kominfo Rencanakan Frekuensi untuk 5G di Indonesia

Berita Terkait
Berita Terkini

Vivo Indonesia bersiap memperkenalkan generasi V Series terbaru melalui Vivo V40, yang dilengkapi dengan keunggulan tekn...

gadget | 14:01 WIB

Samsung Galaxy Z Flip6 diklaim punya durability yang lebih tinggi....

gadget | 13:15 WIB

Makinluas, kini Samsung hadirkan Circle to Search pada Galaxy A series dan Galaxy Tab S9 FE series....

gadget | 08:21 WIB

Cek bagaimana memaksimalkan kamera POCO M6....

gadget | 08:12 WIB

Xiaomi Indonesia kembali membawa beberapa produk AIoT yang akan menjadi solusi efektif untuk setiap kebutuhan konsumen...

gadget | 14:08 WIB