iPhone dan Sederet Device Buatan Apple Rawan Dikendalikan dari Jauh, Pakar Ungkap Adanya Celah Keamanan

Perangkat yang mempunyai celah keamanan ini justru bukanlah gadget lawas, melainkan barang baru.

Cesar Uji Tawakal

Posted: Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:34 WIB
iPhone 6s Plus. (Apple)

iPhone 6s Plus. (Apple)

Hitekno.com - Beragam device racikan Apple diklaim tak aman dari ancaman keamanan siber, khususnya gadget yang usianya tergolong baru.

Dilansir dari Sputnik News, pengguna iPhone 6S dan model yang lebih baru, model iPad  yang dimulai dari generasi ke-5 dan yang lebih baru, lini produk iPad Pro, dan iPad Air 2, serta komputer Mac yang menjalankan MacOS Monterey, telah disarankan untuk meningkatkan keamanan perangkat oleh pakar keamanan.

Jika Anda adalah pemilik produk Apple, berhati-hatilah karena ada kekurangan serius dalam memastikan keamanan ekosistem produk perusahaan.

Baca Juga: Pergoki Kamar Teman Kost dalam Kondisi Mengerikan Hingga Bikin Jijik, Netizen: Kecoak Aja Nggak Mau Masuk

Untuk iPhone, iPad, dan Mac, Apple telah mengatasi kelemahan keamanan kritis yang mungkin memungkinkan penyerang merebut kendali penuh atas perangkat ini.

Menurut rilis berita perusahaan, raksasa yang berbasis di California itu menyadari laporan bahwa masalah ini mungkin telah dieksploitasi secara aktif. Apple memposting dua buletin keamanan mengenai masalah tersebut.

iPhone 6S. (Apple)
iPhone 6S. (Apple)

Mesin browser WebKit, yang menjalankan Safari dan aplikasi lain, dan kernel, yang berfungsi sebagai pusat fungsional sistem operasi, keduanya ditemukan rentan, menurut perusahaan.

Baca Juga: POCO F5 Muncul di Database IMEI, Ini Bocoran Spesifikasinya

Baik iOS dan iPadOS dan macOS Monterey dipengaruhi oleh dua bug.

Sementara kerentanan kedua memungkinkan aplikasi berbahaya untuk mengeksekusi kode sewenang-wenang dengan hak istimewa kernel, yang memerlukan kontrol penuh atas perangkat.

Apple mengatakan kelemahan WebKit dapat dieksploitasi jika perangkat yang rentan mengakses atau memproses konten web yang dibuat dengan tujuan jahat yang dapat menyebabkan eksekusi kode sewenang-wenang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Game Dewasa di Android, Jangan Biarkan Dimainkan Bocil

Dilaporkan diperkirakan bahwa kedua kerentanan itu terhubung.

Beberapa eksploitasi yang berhasil menggabungkan dua atau lebih kekurangan untuk melewati pertahanan perangkat, seperti spyware terkenal seperti Pegasus.

Penyerang sering memanfaatkan cacat pada browser perangkat sebagai titik masuk awal ke dalam sistem operasi, memberi mereka akses penuh ke informasi pribadi pengguna.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

Berita Terkait
Berita Terkini

Vivo Indonesia bersiap memperkenalkan generasi V Series terbaru melalui Vivo V40, yang dilengkapi dengan keunggulan tekn...

gadget | 14:01 WIB

Samsung Galaxy Z Flip6 diklaim punya durability yang lebih tinggi....

gadget | 13:15 WIB

Makinluas, kini Samsung hadirkan Circle to Search pada Galaxy A series dan Galaxy Tab S9 FE series....

gadget | 08:21 WIB

Cek bagaimana memaksimalkan kamera POCO M6....

gadget | 08:12 WIB

Xiaomi Indonesia kembali membawa beberapa produk AIoT yang akan menjadi solusi efektif untuk setiap kebutuhan konsumen...

gadget | 14:08 WIB