Jajaran Lini Chipset MediaTek Dimensity Terbaru, dari Tertinggi Hingga Terendah

Berikut ini jajaran lini chipset MediaTek Dimensity terbaru.

Agung Pratnyawan

Posted: Selasa, 08 Oktober 2024 | 13:57 WIB
Chipset MediaTek Dimensity. [MediaTek]

Chipset MediaTek Dimensity. [MediaTek]

Hitekno.com - MediaTek dengan jajaran chipset 5G terbaru yang mengoptimalkan kinerja smartphone untuk berbagai segmen pasar, mulai dari flagship hingga mainstream.

Dengan inovasi terbaru pada lini chipset MediaTek Dimensity, pengguna smartphone kini dapat menikmati pengalaman yang lebih responsif, hemat daya, dan mendukung aplikasi generatif berbasis AI.

Berikut ini daftar chipset yang dikeluarkan oleh MediaTek Dimensity yang dapat ditemukan di berbagai ponsel pintar saat ini.

Baca Juga: MediaTek: AI Generatif Akan Mengubah Industri Smartphone

Flagship: MediaTek Dimensity 9300/9300+

Jika mencari chipset ponsel pintar 5G terbaik: Dimensity 9300/9300+ ialah chipset unggulan MediaTek yang menawarkan kinerja luar biasa dengan hemat daya yang superior.

Terdapat semua inti besar, termasuk empat inti Arm Cortex-X4 berkinerja tinggi, sehingga memberikan kekuatan pemrosesan yang kuat. Belum lagi, ditambah empat Cortex-A720 yang memang dirancang untuk dioptimalkan performa tinggi yang hemat daya.

Baca Juga: Bantu Pengembangan Aplikasi AI, MediaTek Integrasikan NVIDIA TAO ToolKit dengan NeuroPilot SDK

Ini juga merupakan chipset seluler terbaik untuk gaming, di mana chip ini dilengkapi dengan mesin grafis Arm Immortalis-G720 terbaru yang mendukung ray tracing berbasis perangkat keras, console-grade global illumination, dan rendering grafis yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

AI tersebut didukung oleh NPU Generasi ke-7 dari MediaTek (Prosesor AI) yang dirancang khusus untuk aplikasi AI generatif dan dapat memproses berbagai model bahasa besar (LLM) sepenuhnya di perangkat.

Dimensity 9300 mendukung konektivitas canggih terkini, termasuk 5G, Wi-Fi 7, dan Bluetooth 5.4, sehingga mendukung komunikasi nirkabel yang sangat cepat, andal, dan latensi rendah. Chip ini juga memiliki kemampuan kamera tak main-main yaitu mendukung sensor hingga 320MP dan perekaman video 8K.

Baca Juga: COMPUTEX 2024: MediaTek Bergabung dengan Arm Total Design,

Dengan rangkaian fitur dan optimasi yang lengkap, chip unggulan MediaTek ini menghadirkan performa, hemat daya, dan konektivitas tingkat tertinggi pada ponsel pintar flagship saat ini.

Premium: MediaTek Dimensity seri 8000

Di puncak seri ini, yang terbaru adalah Dimensity 8300, sedangkan Dimensity 8250 yang baru dikenalkan berada di antara chip ini dengan Dimensity 8200—ketiganya kini mendukung ponsel cerdas premium. Dimensity 8300 menawarkan sesuatu yang baru berkat arsitektur CPU Armv9, NPU yang mendukung AI Generatif, dan kinerja gaming yang mumpuni karena MediaTek Adaptive Game ology 2.0 yang terbaru.

Baca Juga: COMPUTEX 2024: MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV dan Layar dengan Kemampuan Pemrosesan AI

Chip kelas 4nm yang sangat hemat daya ini memberikan keuntungan energi sepanjang penggunaan harian, termasuk pengambilan video, aplikasi pesan dan obrolan, hingga gaming cukup sering.

Adapun performa 5G dapat mencapai lebih dari 5Gbps, dan juga mendapatkan manfaat dari MediaTek UltraSave 3.0+. Dengan teknologi kamera dan tampilan tercanggih, Anda akan mendapatkan pengalaman yang mendekati ponsel pintar flagship.

High-end: MediaTek Dimensity seri 7000

Chip satu ini baru saja diproduksi, Dimensity 7300 menjadi pemimpin di seri keluarga ini, sedangkan ponsel cerdas terbaru, seperti Nothing Phone 2a menggunakan Dimensity 7200 yang begitu luar biasa.

MediaTek Dimensity 7300 adalah chipset ponsel cerdas kelas atas yang dirancang untuk memberikan performa tangguh dan konsumsi hemat daya. Dibangun pada proses 6nm, chipset ini memiliki CPU octa-core dengan empat chipset berkinerja tinggi yang berjalan hingga 2.8GHz, lalu ditambah kemampuan AI canggih berkat NPU khusus, sehingga mendukung fitur seperti pemrosesan kamera, pengenalan suara, dan terjemahan waktu nyata.

Chipset juga mendukung kecepatan 5G hingga 3.27Gbps, dan MediaTek UltraSave 3.0+ terbaru. Selain itu, juga mendukung refresh rate layar hingga 144Hz untuk visual yang halus dan GPU Arm Mali-G615.

Di sisi lain, Dimensity 7200 menawarkan keseimbangan antara hemat daya dan performa, dengan susunan CPU Armv9, termasuk dua inti Cortex-A715 berkinerja tinggi yang dipasangkan dengan enam inti hemat daya pada CPU octa-core. Chip 4nm ini juga mencakup GPU, NPU, serta kecepatan konektivitas nirkabel yang luar biasa.

Mainstream: MediaTek Dimensity seri 6000

Untuk pengguna yang beralih dari 4G ke 5G, tak perlu ragu lagi untuk memilih seri keluarga Dimensity 6000, seperti Dimensity 6300 yang baru dirilis, atau Dimensity 6100 yang harganya lebih terjangkau, tergantung dengan kondisi keuangan pengguna.

Dimensity 6300 menawarkan kombinasi kompetitif antara CPU octa-core, GPU yang sangat luar biasa, dan 5G super cepat hingga 3.3Gbps dengan MediaTek UltraSave 3.0+, serta kapasitas untuk mendukung layar FullHD+ berwarna miliaran dengan refresh rate hingga 120Hz.

Bahkan, saya yakin bagi penggemar fotografi tidak akan kecewa dengan dukungan kamera hingga 108MP dan kemampuan pengambilan videonya yang luar biasa, bahkan di cahaya redup.

Berita Terkait
Berita Terkini

Mengapa CCTV outdoor dibutuhkan di tempat produksi kain ecoprint? Baca selengkapnya di sini!...

gadget | 22:33 WIB

Cek apa yang ditawarkan Vivo V40 Lite....

gadget | 14:05 WIB

Cek berapa harga FUJIFILM instax mini Link 3....

gadget | 13:57 WIB

POCO F6 menghadirkan AI Pro supaya foto-foto yang kita jepret tampil kece maksimal....

gadget | 13:12 WIB

Apa yang ditawarkan ADVAN 360 Stylus Pro?...

gadget | 13:20 WIB